Iklan Rokok

12 April 2024

Metrosoeryanews

Aktual & Terpeecaya

Bukti Pendampingan TNI Dalam Pertanian, Kodim Ngada dan Warga Panen Perdana Kedelai

Ngada, (METROSOERYA.NET) – Dandim 1625/Ngada Letkol Inf I Made Putra Suartawan, menghadiri panen perdana kacang kedelai di Desa Ngabeo Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Sabtu (8/9/2018). Dandim pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada petani di Desa Ngabeo atas kerjasama yang baik dengan Kodim Ngada.

Dirinya mengharapkan agar kacang kedelai yang dipanen saat ini dapat mencapai ketahanan pangan keluarga khususnga anggota kelompok tani Rada Danga di Desa Ngabeo Kecamatan Soa Kabupaten Ngada.

“Panen ini merupakan bukti pendampingan TNI khususnya Kodim Ngada kepada masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat tidak bergantung dengan daerah lain,” ungkapnya.

Diharapkan pula, kegiatan ini dikembangkan guna mencapai ketahanan pangan, dan swasembada pangan demi meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat petani khususnya yang tergabung dalam kelompok tani Rada Danga.

Ia juga memastikan Babinsa TNI yang ada bersama-sama masyarakat selama ini merupakan pendamping dan pelayan negara untuk memberikan motivasi, memacu semangat kerja masyarakat untuk lebih giat mendukung program Swapang.

Berdasarkan data dihimpun di lapangan, Kelompok Tani Rada Danga memiliki lahan tanaman Kedelai seluas 10 H, Panen Perdana yang dilakukan seluas 63 are.

Kelompok Tani Rada Danga merupakan kelompok Tani binaan Kodim 1625/Ngada dengan melibatkan warga dari 4 Desa yakni Ngabeo, Piga 1, Masu Kedhi dan Desa Masu.

Sementara Kepala Desa Ngabeo, Siprianus Ngala, mengaku bangga karena itu merupakan panen perdana yang dilakukan diwilayah Ngabeo. Ia mengatakan kedepan harus ditingkatan. Sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan.

Harapannya agar kedepan TNI dan semua stakeholder dapat terus menjalin kerjasama yang baik. Agar dapat meningkat produksi kedelai.

“Panen ini merupakan suatu kebanggaan, karena ini pertama kalinya panen perdana kedelai di wilayah Ngabeo. Sehingga diharapkan pihak TNI, dan semua unsur yang terkait untuk dapat bersatu demi meningkatkan produksi kedelai,” ungkap Siprianus.

Kegiatan panen perdana ini juga dihadiri oleh Kabid tanaman Pangan Provinsi NTT, Robertus Ongo, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Ngada Hubertus Jaelani, S.P, Kades Ngabeo Siprianus Ngala, Pasiter Kodim 1625/Ngada Kapten Inf Supriyanto dan Babinsa Desa Ngabeo Serda Jerry Pee. (Rtyn Prima)

Loading

error: Content is protected !!