6 Rudal Starstreak Batalyon Arhanud 16 Kostrad ditembakkan ke Target Sasaran Udara

Spread the love

Jakarta. Korps Artileri Pertahanan Udara (Arhanud), gelar latihan menembak dengan senjata berat. Kegiatan tersebut berlangsung di Dermaga Polijiwa, Kelurahan Lalolang, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel, Selasa (19/9/2023).

Kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk mengasah skil prajurit Arhanud 16 Kostrad, agar memiliki kemampuan teknis ataupun taktis untuk menembak sasaran udara, sehingga prajurit akan profesional, terlatih, dan siap untuk melaksanakan tugas pokoknya.

Panglima divisi 3 Kostrad, Mayjen TNI Choirul Anam menjelaskan bahwa latihan menembak sejata berat ini rutin dilakukan sekali setiap tahunnya.

“Sasaran pada latihan penembakan ini adalah pesawat-pesawat yang mengintai pertahanan kita, pesawat yang akan menghancurkan pertahanan kita yang disimulasikan dengan balon udara yang dipasang di beberapa titik dengan jarak 8km, 5km dan 4km” ujarnya.

“Tugas satuan Arhanud adalah menghancurkan segala bentuk ancaman udara musuh, termasuk diantaranya pesawat udara sebelum sempat menembakkan rudalnya, atau sebelum pesawat musuh mengintai kedudukan pasukan kita”, jelasnya.

Pada latihan kali ini Batalyon Arhanud 16/SBC/3 Kostrad menembakkan 6 butir missile Alutsista Rudal Starstreak ke sasaran udara yang terpasang di tengah laut di wilayah Barru.

Keenam butir missile Alutsista Rudal Starstreak tersebut ditembakkan ke beberapa sasaran, diantanya dengan jarar 8 km, 5 km, dan jarak 4 km, dengan ketinggian kurang lebih 200 meter dan semua tembakan berhasil mengenai sasaran.

“Oleh karenanya masih dalam rangkaian latihan ini kami tidak hanya fokus latihan menembak saja, akan tetapi kami juga melaksanakan kegiatan Karya Bhakti berupa rehab tempat ibadah dan Bakti Sosial dengan membagikan 100 paket Sembako kepada masyarakat setempat yang membutuhkan,” ungkapnya.

“Dan hal itu juga telah menjadi agenda rutin dimanapun Divisi 3 Kostrad melaksanakan latihan, selain melaksanakan latihan juga melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk mengatasi dan membantu kesulitan rakyat sesuai arahan pimpinan,” ujarnya. (Penkostrad)

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Loading

About The Author

error: Content is protected !!