Pawai Budaya Bojonegoro Menghibur Warga, Jadi Ruang Aktualisasi Keanekaragaman Budaya Lokal

METRO SOERYA- Bojonegoro//Pesona budaya Bojonegoro tampil memukau dalam event pawai budaya yang digelar Sabtu (28/10/2023). Pawai budaya menjadi ruang aktualisasi keanekaragaman budaya Bojonegoro.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro ini dimulai  pukul 07.30 WIB dengan start di Jl. P. Mas Tumapel. Para peserta tampil dengan kostum dan atraksi yang memukau, mempersembahkan keanekaragaman budaya Bojonegoro.

Dasar pelaksanaan acara ini adalah Undang-Undang No.5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, dan Undang-Undang No. 1 Tahun 2020 Tentang Pelestarian Kesenian Tradisional.

Dalam sambutannya, Kepala Disbudpar Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto mengungkapkan bahwa tujuan pawai budaya untuk melestarikan dan aktualisasi adat budaya daerah. Selain itu juga untuk mengenalkan tradisi dan budaya lokal Kabupaten Bojonegoro kepada generasi muda dan masyarakat luas. Pawai juga untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan berbasis seni budaya.

“Melalui pawai ini, kami berharap bisa menghidupkan kembali dan memperkenalkan budaya Bojonegoro kepada generasi muda dan masyarakat umum. Kita ingin budaya kita tetap hidup dan menjadi bagian integral dari perkembangan Kabupaten Bojonegoro,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, saat membuka acara berharap pawai budaya akan menjadi alat untuk menarik wisatawan sekaligus mendukung pembangunan daerah.

“Bojonegoro ini kaya akan warisan dan nilai-nilai budaya. Dengan kekayaan warisan budaya Bojonegoro, tidak hanya menjadi kebanggan, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita untuk menjaga, melestarikan, dan mengembangkannya. Mudah-mudahan, melalui upaya seperti ini, Bojonegoro akan semakin maju, dan masyarakat akan semakin sejahtera,” tuturnya.

Pawai budaya tahun 2023 ini melibatkan sebanyak 50 regu peserta yang terbagi dalam berbagai kategori. Terdapat 24 regu dari tingkat SD/MI, 9 regu dari tingkat SMP/MTS, 10 regu dari tingkat SMA/MA/SMK, dan 7 regu dari tingkat umum dan perguruan tinggi.

Pada bagian kejuaraan, pemenang akan mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan sesuai dengan ketentuan kompetisi kepesertaan. Pemenang pada setiap kategori adalah sebagai berikut:

– Tingkat SD/MI:
Juara I SDN Kepatihan
Juara II MI Islamiyah Mojokampung
Juara III SDK Santo Paulus
Juara Harapan I SDN Mulyoagung I
Juara Harapan II SDN Kadipaten I
Juara Harapan III SDN Kauman I

– Tingkat SMP/MTs:
Juara I SMPN 4 Bojonegoro
Juara II SMPN 2 Bojonegoro
Juara III SMPN MT Bojonegoro
Juara Harapan I SMPN 1 Bojonegoro
Juara Harapan II SMPN 7 Bojonegoro
Juara Harapan III SMPN 5 Bojonegoro

– Tingkat SMA/MA/SMK:
Juara I SMAN MT Bojonegoro
Juara II SMAN 4 Bojonegoro
Juara III SMAN 2 Bojonegoro
Juara Harapan I SMAN 1 Bojonegoro
Juara Harapan II SMKN 1 Bojonegoro
Juara Harapan III MAN 2 Bojonegoro

– Tingkat umum dan perguruan tinggi:
Juara I Kelurahan Karangpacar
Juara II Universitas Terbuka
Juara III Poltekes Kemenkes Surabaya (Prodi D3 Kebidanan Bojonegoro)

KA.Biro: Bojonegoro

(Yudianto)

Loading

error: Content is protected !!